Intensive-Student Technopreneurship Program 2010 (i-STEP 2010)

Recognition and Mentoring Program-Institut Pertanian Bogor (RAMP-IPB), salah satu pelaksana RAMP Indonesia, untuk yang kelima kalinya menyelenggarakan Pelatihan “Intensive-Student Technopreneurship Program” (i-STEP).  Pelatihan yang dibuka oleh Rektor IPB, yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Bisnis dan Komunikasi, Dr. Ir. Arif Imam Suroso, MSc pada tanggal 26 Juli 2010 di CICO Resort, Cimahpar, Bogor  tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mental technopreneurship bagi mahasiswa/lulusan baru; untuk meningkatkan keterampilan peserta mulai dari membangkitkan dan mengevaluasi ide, mengembangkan teknologi, mendirikan sebuah usaha baru, memasarkan dan mengelola pembiayaan dan keuangan; dan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa agar mereka memiliki kualifikasi untuk mengikuti Program Pre-mentoring atau Program Mentoring RAMP Indonesia.

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama dua minggu dari 26 Juli sampai dengan 9 Agustus 2010.  Pelatihan tahun ini diikuti oleh 42 orang mahasiswa terpilih yang berasal dari perguruan-perguruan tinggi di Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi.  Peserta pelatihan tahun ini berasal dari 14 perguruan tinggi, yakni Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh November, Politeknik Manufaktur Astra Jakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Haluoleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjadjaran dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalam program tersebut mahasiswa akan diberikan pelatihan yang terstruktur dan mendalam untuk membantu peserta mulai dari membangkitkan dan memformulasikan ide-ide, mengembangkan teknologi menjadi produk, memproteksi hasil temuan, membentuk bisnis, memasarkan, mengelola pembiayaan dan keuangan, serta memperluas dampaknya bagi masyarakat atau pasar.  Program tersebut melibatkan berbagai pakar dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya untuk membekali para mahasiswa untuk menjadi teknopreneur Indonesia yang handal.   Pada acara pembukaan program tersebut, peserta langsung menggali pengalaman dari para teknopreneur yang telah sukses, seperti Dr. Slamet Budijanto (Kepala F-Technopark Fakultas Teknologi Pertanian/Fateta IPB); Eddy Permadi (Pendiri Cihanjuang Inti Teknik); dan M. Baedowy, SE (Majestic Buana Group); serta peraih Program Mentoring RAMP Indonesia, seperti Prof. Ari Purbayanto (Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan IPB) dan Niko Daniar Atmaja (Mahasiswa tingkat akhir Fateta IPB, alumni i-STEP 2008).

Selanjutnya berbagai rangkaian program untuk mengasah kemampuam mahasiswa akan diberikan oleh para teknopreneur dan akademisi yang terkait antara lain:  Prof. Agus W. Soehadi; Prof. Roy Sembel; Ir. Abdul Basith, MS; Dr. Radite P.A. Setiawan; Dr. Wawan Hermawan; Prof.Dr.E. Gumbira Sa’id; Prof.Dr. Khaswar Syamsu; Dr. Sapta Raharja; Dr. Budi Suhardjo;; Dr. Elang Ilik Martawijaya; Parulian P. Aritonang, SH, LLM; Ir. Susilo Sarwono; Ir. Hariono; Ir. Rina Sulistianing; Ir. Bambang Siswaji, MM; Dr. Aji Hermawan; Dr. Ono Suparno; Ir. Andy Pradjaputra, MSc dan Ir. Nana Suryana.

Contoh alumni i-STEP yang teknologinya telah berhasil dikembangkan adalah Niko Daniar Atmaja dan Pridana Nasution.  Niko adalah mahasiswa tingkat akhir Fateta IPB dan alumni i-STEP 2008.  Niko sedang mengembangkan alat perontok padi yang ringan dan mobile. Alat tersebut mampu mengurangi susut,  praktis, mobile, murah dan ekonomis. Pridana Nasution adalah alumni Jurusan Fisika Undip dan i-STEP 2007. Pridana mengembangkan inovasi teknologi berupa alat penghasil ozon untuk sterilisasi tambak ikan. Alat tersebut dapat memberikan manfaat bagi petani ikan di tambak dalam menghadapi isu akumulasi antibiotik pada produk perikanan sehingga tidak dapat diterima di pasar internasional. Inovasi tersebut juga memberikan manfaat sebagai pemasok oksigen pada tambak sehingga dapat meningkatkan produktivitas budidaya ikan tambak.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Calendar
August 2010
S M T W T F S
« Apr   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Visitor Statistics