Seminar Nasional dan Ekspo ”Social Technopreneurship Indonesia” dan Intensive-Student Technopreneurship Program 2011 RAMP Indonesia/RAMP-IPB

Pengembangan usaha berbasis teknologi (technopreneurship) diperlukan untuk memanfaatkan secara optimum sumberdaya alam Indonesia yang kaya.  Pengembangan kewirausahaan seharusnya berdampak positif untuk masyarakat banyak. Pengembangan teknologi yang banyak dilakukan di lembaga-lembaga riset dan perguruan tinggi pada saat ini masih belum optimum memberikan penyelesaian permasalahan di masyarakat kita. Solusi teknologi dan pengembangan usaha sangat diperlukan untuk menjawab persoalan masyarakat miskin dan pengangguran di Indonesia yang jumlahnya masih tinggi.

Recognition and Mentoring Program-Institut Pertanian Bogor (RAMP-IPB) meyakini bahwa social technopreneurship merupakan salah satu upaya untuk memberikan solusi permasalahan-permasalahan tersebut.  Social technopreneurship memberikan solusi dengan mengembangkan kewirausahaan yang mendayagunakan teknologi untuk menjawab persoalan masyarakat.  Dengan latar belakang tersebut, RAMP-IPB mengadakan Seminar Nasional dan Ekspo “Social Technopreneurship Indonesia”, yang bertujuan (1) untuk mensosialisasikan pengalaman keberhasilan para social-technopreneur Indonesia agar menjadi model dari gerakan social-technopreneurship Indonesia, dan (2) untuk menunjukkan hasil dari upaya yang sudah dilakukan beberapa social-technopreneur muda Indonesia.   Selain itu, RAMP-IPB juga melakukan program peningkatan kemampuan technopreneurship mahasiswa melalui pelatihan Intensive-Student Technopreneurship Program (i-STEP) untuk para mahasiswa terpilih yang memiliki ide-ide inovatif, dari berbagai disiplin ilmu, dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tujuan pelatihan i-STEP 2011 tersebut adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan social-technopreneurship mahasiswa dari berbagai wilayah Indonesia, yaitu kemampuan mulai dari membangkitkan ide inovatif, mengevaluasi ide, mengembangkan produk teknologi, mendirikan usaha baru, memasarkan, dan mengelola pembiayaan dan keuangan secara praktis untuk sebuah usaha berbasis teknologi, dan (2) untuk menyaring calon social-technopreneurship baru yang diharapkan akan memenuhi kualifikasi untuk dilakukan pengembangan melalui program pra-inkubasi dan inkubasi bisnis.

Seminar Nasional dan Ekspo ”Social Technopreneurship Indonesia” yang juga merupakan kegiatan awal dari pelatihan i-STEP 2011 dilaksanakan di CICO Resort, Cimahpar, Bogor  pada hari Senin, 11 Juli 2011, dilanjutkan dengan pelatihan i-STEP 2011 sampai dengan tanggal 26 Juli 2011.  Pada acara Seminar Nasional dan Ekspo, peserta dapat menggali pengalaman keberhasilan beberapa social-technopreneur Indonesia, yakni Ir. Tri Mumpuni (Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan/IBEKA), Mr. Toshi Nakamura (Co-founder dan CEO Kopernik), Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm, Apt. (Pengembang Bahan Bakar Nabati), Dr. Didiek Hadjar Goenadi (Ketua Umum Asosiasi Inventor Indonesia/ Komite Penanaman Modal – BKPM), dan Prof. Dr. Ari Purbayanto (Pemenang Program Mentoring RAMP IPB). Sementara itu, Ekspo menampilkan produk-produk inovasi teknologi yang dihasilkan oleh beberapa alumni i-STEP dan peserta program pre-mentoring RAMP IPB, yakni Achmad Ferdiansyah Pradana Putra, Agung  Purnomo, Hadi Apriliawan, Niko Daniar Atmaja, Rizqi Rizaldi Hidayat, Samsul Anam, Slamet Budi Cahyono, Syam Mahfuz Chazali, dan Tunggul Dian Santoso. Seminar dan Ekspo tersebut diikuti oleh peserta i-STEP 2011, sebagian alumni i-STEP, mahasiswa, para dekan, dosen, dan undangan lainnya.

Dalam i-STEP 2011, mahasiswa diberikan pelatihan yang terstruktur dan mendalam untuk membantu peserta mulai dari membangkitkan dan memformulasikan ide-ide, mengembangkan teknologi menjadi produk, memproteksi hasil temuan, membentuk bisnis, memasarkan, mengelola pembiayaan dan keuangan, serta memperluas dampaknya bagi masyarakat.  Program tersebut melibatkan berbagai pakar, akademisi, dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya untuk membekali peserta untuk menjadi teknopreneur yang handal.

Serangkaian program untuk mengasah kemampuam mahasiswa akan diberikan oleh para praktisi dan akademisi yang terkait antara lain:  Prof. Agus W. Suhadi; Prof. Roy Sembel; Prof. Endang Gumbira Sa’id; Prof.  Khaswar Syamsu; Dr. Aji Hermawan; Abdul Basith, MS; Andy Prajaputra, MSc; Ahmad Juwaini; Dr. Radite P.A. Setiawan; Dr. Desrial; Dr. Wawan Hermawan; Dr. Slamet Budijanto; Dr. Sapta Raharja; Dr. Budi Suharjo;  Bambang Siswaji, MBA; Dr. Elang Ilik Martawijaya; Dr. Ono Suparno; Parulian P. Aritonang, SH, LLM; Agus Sutejo, MSi; Yusliandie; Ir. Hayanis Said; Maulana, MBA; dan Ir. Nana Suryana.

Pelatihan i-STEP 2011 diikuti oleh 51 orang mahasiswa terpilih yang terdiri atas 37 laki-laki dan 14 perempuan.  Peserta berasal dari 15 perguruan tinggi, yakni Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, Politeknik Pratama Mulia Surakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Haluoleo, Universitas Jember, Universitas Lakidende, Universitas Mataram, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Surabaya.

Comments are closed.

Calendar
August 2011
S M T W T F S
« Apr   Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Visitor Statistics