Simposium Nasional Agroindustri IV

Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) Fateta IPB menyelenggarakan Simposium Nasional Agroindustri IV di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square, Bogor pada hari Sabtu, 24 September 2011.  Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc.

Simposium tersebut  dilatarbelakangi bahwa agroindustri merupakan subsektor pertanian yang sangat penting untuk pembangunan nasional. Oleh karena itu, agroindustri perlu dikembangkan dan diperkuat untuk mendukung pelaksanaan pembangunan nasional. Departemen TIN IPB merupakan institusi pendidikan tinggi pertama dan terdepan di Indonesia yang berfokus pada agroindustri. Dep. TIN telah berperan penting dalam mengembangkan SDM di bidang agroindustri, menghasilkan riset, inovasi dan pemberdayaan masyarakat di bidang tersebut. Setelah sekian lama agroindustri berkembang di Indonesia, kini saatnya untuk mengevaluasi peranan dan kontribusinya dalam pembangunan negeri ini.  Departemen TIN pun perlu menata kembali peranannya dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang agroindustri ini dengan mempertimbangkan perkembangan lingkungan terkini.

Simposium agroindustri tersebut merupakan wahana yang tepat bagi Departemen TIN dengan kekuatan akademik dan penelitiannya, serta alumni-alumninya yang telah berkiprah berbagai bidang dengan kekuatan dan pengalaman praktisnya, untuk kembali memberikan kontribusi terbaiknya dalam pengembangan agroindustri Indonesia.  Simposium yang merupakan rangkaian dari simposium-simposium sebelumnya merupakan Simposium IV dan bertema ”Penguatan Agroindustri: Gerakan Memakmurkan Bangsa”.

Tujuan Simposium Nasional Agroindustri IV adalah: (1) Memadukan kekuatan akademisi dan praktisi di bidang agroindustri untuk menguatkan agroindustri nasional, (2) Memperkuat jeraring antara berbagai komponen yang bergerak dalam agroindustri untuk melahirkan peluang-peluang, (3) Memberikan kontribusi strategi dan langkah-langkah penguatan agroindustri nasional, dan (4) Mengkaji isu-isu terkini dalam agroindustri nasional yang meliputi pengembangan teknologi terdepan, peranannya dalam menanggulangi ketahanan pangan dan pengentasan kemiskinan dan mengurangi pengangguran, strategi peningkatan daya saing, bioenergi dan lingkungan, serta pendidikan dan technopreneurship.

Peserta kegiatan ini adalah praktisi dan akademisi agroindustri, pemerintah, alumni serta para dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fateta IPB.  Acara ini diperkirakan dihadiri lebih dari 300 peserta.

Pembicara pada simposium  ini adalah Keynote speaker: H. Suharyo Husen, BSc, SE, MBA (Kadin Indonesia). Pembicara panel discussion: (1) Dr. Imran Farooque (Representative to Indonesia, The United Nations Industrial Development Organization/UNIDO), (2) Dr. Ir. Atih Surjati Herman, MSc (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia), dan (3) Ir. Mohammad Nadjikh (Presiden Direktur PT. Kelola Mina Laut). Pembicara diskusi kelompok/kaukus adalah para dosen Dep. TIN IPB dan praktisi agroindustri dari para alumni Dep. TIN IPB.

Kegiatan tersebut disponsori oleh Dep TIN IPB, Bank Mandiri, PT Bakrie Sumatera Plantations, PT Perkebunan Nusantara XII (Persero), CV Multi Agro Lestari, PT  Rumah Pikat, PT  Indosat Tbk., PT  Kelola Mina Laut, Misterblek Blended Coffee, Harian GoSport, dan PT OTI. (OS)

Comments are closed.

Calendar
December 2011
S M T W T F S
« Aug   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Visitor Statistics