Seminar Nasional CP Prima-Social Technopreneurship dan Intensive-Student Technopreneurship Program 2012 RAMP-IPB

Pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) seharusnya berdampak positif untuk masyarakat banyak. Pengembangan teknologi yang banyak dilakukan di lembaga-lembaga riset dan perguruan tinggi pada saat ini masih belum optimum memberikan penyelesaian permasalahan di masyarakat kita. Solusi teknologi dan pengembangan usaha sangat diperlukan untuk menjawab persoalan masyarakat miskin dan pengangguran di Indonesia yang jumlahnya masih tinggi. Selain itu, pengembangan technopreneurship diperlukan untuk memanfaatkan secara optimum sumberdaya alam Indonesia yang kaya.

Recognition and Mentoring Program-Institut Pertanian Bogor (RAMP-IPB) meyakini bahwa social technopreneurship merupakan salah satu solusi permasalahan-permasalahan tersebut.  Social technopreneurship memberikan solusi dengan mengembangkan kewirausahaan yang mendayagunakan teknologi untuk menjawab persoalan masyarakat.  Dengan latar belakang tersebut, RAMP-IPB bekerjasama dengan PT Central Proteinaprima Tbk. mengadakan Seminar Nasional CP Prima-Social Technopreneurship, yang yang bertujuan (1) untuk menyosialisasikan pengalaman keberhasilan para social-technopreneur Indonesia agar menjadi model dari gerakan social-technopreneurship Indonesia, dan (2) untuk menunjukkan hasil dari upaya yang sudah dilakukan beberapa social-technopreneur Indonesia.   Selain itu, RAMP-IPB juga melakukan program peningkatan kemampuan technopreneurship mahasiswa melalui Pelatihan Intensive-Student Technopreneurship Program 2012 (i-STEP 2012) untuk para mahasiswa terpilih yang memiliki ide-ide inovatif dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tujuan pelatihan tersebut adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan social-technopreneurship mahasiswa dari berbagai wilayah Indonesia, yaitu kemampuan mulai dari membangkitkan ide inovatif, mengevaluasi ide, mengembangkan produk teknologi, mendirikan usaha baru, memasarkan, dan mengelola pembiayaan dan keuangan secara praktis untuk sebuah usaha berbasis teknologi, dan (2) untuk menyaring calon social-technopreneurship baru yang diharapkan akan memenuhi kualifikasi untuk dilakukan pengembangan melalui program pra-inkubasi dan inkubasi bisnis.

Seminar tersebut merupakan bagian awal dari Pelatihan i-STEP 2012 yang akan dilaksanakan di CICO Resort, Bogor  selama dua minggu, 2-16 Juli 2012.  Seminar tersebut menghadirkan pemakalah: Zainal Abidin (Social Technopreneur Academy), Ir. Tri Mumpuni (Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan/IBEKA), Dr. Didiek H. Goenadi (Direktur PT Riset Perkebunan Nusantara), Alfian Lim dan Edwin H. Jonathans (PT Central Proteinaprima Tbk.), dan Ms. Ewa Wojkowska (Co-founder dan CEO The Kopernik).

Dalam pelatihan tersebut, mahasiswa diberikan pelatihan yang terstruktur dan mendalam untuk membantu mereka mulai dari membangkitkan dan memformulasikan ide-ide, mengembangkan teknologi menjadi produk, memproteksi hasil temuan, membentuk bisnis, memasarkan, mengelola pembiayaan dan keuangan, serta memperluas dampaknya bagi masyarakat.  Program tersebut melibatkan berbagai pakar, akademisi, dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya untuk membekali mahasiswa untuk menjadi teknopreneur.

Pelatihan i-STEP 2012 diikuti oleh 49 orang mahasiswa terpilih yang terdiri atas 28 laki-laki dan 21 perempuan.  Peserta pelatihan i-STEP 2012 berasal dari 20 perguruan tinggi, yakni: Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Pratama Mulia Surakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Bengkulu, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Haluoleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Riau, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Lampung, Universitas Malikussaleh, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sam Ratulangi, dan Universitas Teuku Umar.

 

Contact person:  Dr. Aji Hermawan (Direktur RAMP-IPB)/ Dr. Ono Suparno (Ketua Panitia)

Recognition and Mentoring Program-Institut Pertanian Bogor (RAMP-IPB)

Jl. Raya Pajajaran No. 1, Kampus IPB Baranangsiang, Pintu 3, Bogor 16144; Tel/Fax: (0251) 8317386

Comments are closed.

Calendar
July 2012
S M T W T F S
« Mar   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Visitor Statistics