Konferensi Nasional Inovasi dan Technopreneurhsip 2013

Ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge-based economy) diharapkan mampu meningkatan produktivitas, nilai tambah, dan peningkatan keunggulan kompetitif.  Inovasi dan technopreneurship merupakan dua kata kunci penting dalam perubahan ke ekonomi berbasis pengetahuan yang memberi manfaat atau dampak ekonomi dan sosial.  Manfaat-manfaat ekonominya adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja baru, dan menggerakkan sektor-sektor ekonomi yang lain.  Manfaat-manfaat sosialnya adalah menggerakkan perubahan perilaku sosial di masyarakat menjadi masyarakat yang memiliki keunggulan kompetitif, yaitu produktif dan bijak dalam pemanfaatan sumberdaya ekonomi lokal.

Partisipasi berbagai pihak, teori dan pendekatan digunakan dalam proses pendidikan technopreneurship untuk mendidik dan menciptakan inovator dan teknopreneur. Dengan beragamnya jenis program, target, partisipan dan tujuan, maka akumulasi pengalaman dan pengetahuan ini menjadi penting untuk menjadi pembelajaran bersama.

Dengan latar belakang tersebut, Recognition and Mentoring Program-IPB (RAMP-IPB), Dep. Teknologi Industri Pertanian-IPB (Dep. TIN-IPB), dan Asosiasi Agroindustri Indonesia (AGRIN) akan menyelenggarakan Konferensi Nasional Inovasi dan Technopreneurship (KNIT) 2013 dengan tema “Mendidik dan Menciptakan Inovator dan Technopreneur”.  Konferensi tersebut diselenggarakan sebagai sarana bagi para penggiat inovasi dan technopreneurship dalam berbagi pengalaman dan pembelajaran melalui tulisan ilmiah tentag konsep, rancangan, kasus, atau pembelajaran dari program yang telah berjalan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk: (1) menjadi sarana berbagi pengalamanan dan pembelajaran pengembangan technopreneurship di perguruan tinggi, (2) mendorong pembaharuan isu-isu terkini dalam pendidikan technopreneurship dan inovasi teknologi di perguruan tinggi, (3) mendorong penyebaran inovasi teknologi dari berbagai disiplin ilmu di perguruan tinggi untuk mendorong peningkatan keunggulan kompetitif bangsa, dan (4) mewadahi kolaborasi interdisipliner antar perguruan tinggi, organisasi profesi, pihak swasta serta pemerintah untuk menciptakan dan mengimplementasikan inovasi teknologi dan technopreneurship.

KNIT 2013 akan dilaksanakan di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square, Bogor pada 18-19 Februari 2013. Pada acara tersebut, Dahlan Iskan (Meneg BUMN) akan menyampaikan keynote speech berjudul “Peningkatan keunggulan kompetitif melalui inovasi dan technopreneurship”. Pada sesi pleno,  acara tersebut akan menghadirkan Dr. Illah Sailah (Dir. Belmawa, Dikti); Ir. M. Najikh (Technopreneur,  PT Kelola Mina Laut); Ir. Sugiyanto, MSc (Inventor,  PT Tirta Martha), dan Prof. Nastiti S. Indrasti (Kadep TIN-IPB).  Pada sesi paralel, berbagai pihak, praktisi, dan akademisi inovasi dan technopreneurship diberikan kesempatan untuk menyampaikan pengalaman dan pengetahuan dalam pengembangan inovasi dan technopreneurship. (OS)

Comments are closed.

Calendar
March 2013
S M T W T F S
« Nov   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Visitor Statistics