Untan Sukses Gelar One Day Tecnopreunership Workshop (One-Step) Ramp IPB

REP | 24 December 2012 | 22:08
Kemajuan teknologi dewasa ini menuntut masyarakat untuk berpikir kreatif sehingga masyarakat dapat memberikan kontribusi yang luas dalam pengembangan teknologi tepat guna dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.

Recognition and Mentoring Program (RAMP) Indonesia yang dilaksanakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah program inkubasi bagi pengembangan inovasi teknologi di bidang air, energi, kesehatan dan pertanian (WEHAB – water, energy, health dan agriculture). RAMP IPB dilaksanakan sebagai wujud penghargaan dan pengakuan bagi para inovator dan inventor di Indonesia, baik dari kalangan mahasiswa/dosen/peneliti maupun Grassroots Inovator (GRI).

Sasaran jangka panjang RAMP Indonesia adalah pengentasan kemiskinan melalui peningkatan dan pengembangan aplikasi teknologi yang efisien dan efektif, penciptaan lingkungan kondusif bagi tumbuhnya invensi dan inovasi, serta mengisi kesenjangan antara kebutuhan dan pasokan teknologi di masyarakat.

Untuk lebih memperkenalkan Program RAMP IPB kepada seluruh kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi calon innovator atau inventor baik dari kalangan akar rumput terutama mahasiswa, RAMP IPB membangun kemitraan dengan melalui kegiatan One Day Technopreunership workshop (ONE-STEP) di beberapa perguruan tinggi. Pada tahun ini RAMP IPB telah bekerjasa dengan beberapa universitas-universitas di Indonesia dengan mengadakan Workshop di termasuk di Universitas Tanjungpura.

Dengan bekerjasama dengan RAMP IPB dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UNTAN) Universitas Tanjungpura juga didukung Program Studi Teknik Lingkungan Univeristas Tanjungpura kegiatan One Day Technopreunership Workshop (ONE-STEP) ini digelar pada tanggal 22- Desember 2012 di Hotel Merpati Pontianak, kegiatan ini di ikuti kurang lebih 150 peserta dari berbagai univeritas di Kota Pontianak, seperti Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Pontianak, Universitas Muhammadiyah Pontianak dan Univeritas Panca Bhakti.
Kegiatan ini di buka langsung oleh Pembantu Rektor III Bagian Kemahasiswaan, Ir. Waskitha, MM dengan mengambil tema “ Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna dalam Mengatasi Krisis Air Bersih pada Masyarakat Pedesaan”. Acara di isi dengan pengenalan techonopreunership dan program-program ramp ipb oleh Dr Ono Suparno, S.TP, MT selaku Project Officer ONE-STEP Ramp IPB dan di ikuti dengan kisah sukses technopreuner oleh Risyana Sukarma selaku pemilik tirta cupumanik pengusaha saringan air keramik untuk air minum yang membagi kisah nya dalam memulai bisnis dengan pengembangan teknologi tepat guna. Materi selanjutnya di isi oleh Akedimisi dan mahasiswa dalam pengalamannya mengembangkan inovasi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, materi ini di isi oleh Kiki Prio Utomo, ST, M.Sc dan mahasiswa Teknik Lingkungan.

Dengan adanya kegiatan ONE-STEP di harapkan membuka pikiran mahasiswa untuk dapat mengembangkan teknologi sekaligus berwirausaha sehingga apa yang telah di pelajari di bangku perkuliahan dapat juga menunjang pekerjaan dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

Ardy Rubinatta
Panitian ONE-STEP UNTAN 2012

Sumber: http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/12/24/untan-sukses-gelar-one-day-tecnopreunership-workshop-one-step-ramp-ipb-518645.html

Comments are closed.

Calendar
August 2014
S M T W T F S
« Apr   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Visitor Statistics