Seminar Nasional Kulit, Karet dan Plastik Ke-3

Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) menyelenggarakan Seminar Nasional Kulit, Karet dan Plastik ke-3 pada hari Rabu, tanggal 29 Oktober 2014. Seminar yang bertemakan “Penelitian dan Pengembangan Kulit, Karet dan Plastik dalam Mendukung Hilirisasi Industri” ini dihadiri oleh sekitar 100 orang yang berasal dari lembaga litbang, instansi Pemerintah dan swasta, Perguruan Tinggi, serta Industri kulit, karet dan plastik.

Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) selaku instansi teknis di lingkungan Kementerian Perindustrian mempunyai tugas pokok dan fungsi antara lain melaksanakan kegiatan penelitian bidang kulit, karet dan plastik dan melaksanakan diseminasi hasil litbang tersebut. Hasil penelitian kulit, karet dan plastik dari BBKKP ini perlu dikomunikasikan diantara para peneliti, praktisi dan pemerhati yang berada di Lembaga Litbang, Institusi, Perguruan Tinggi dan Industri sehingga dimungkinkan terjadi jalinan kerjasama dalam menerapkan hasil litbang tersebut. BBKKP melaksanakan diseminasi hasil-hasil litbang secara rutin setiap tahun, dalam berbagai bentuk kegiatan (seminar, workshop, pelatihan/alih teknologi, dll). Seminar dapat juga menjadi wahana yang tepat bagi para peneliti, praktisi, pemerhati, Perguruan Tinggi dan pelaku industri dalam rangka mengembangkan pemikiran kegiatan penelitian di sektor hilir agar mampu memperkuat daya saing industri kulit, karet dan plastik.

Dalam seminar ini dibahas sebanyak 24 makalah ilmiah yang terkait dengan komoditi kulit, karet dan plastik. Cakupan teknologi yang dibahas meliputi teknologi proses produksi (hulu s.d hilir), penanggulangan pencemaran limbah, dan plastik ramah lingkungan. Para pemakalah yang berpartisipasi dalam acara seminar ini berasal dari institusi litbang (Balai Besar dan Baristand Industri), perguruan tinggi (IPB, UGM, BATAN, ATK, dan Universitas Jambi)

Tujuan dari Seminar Nasional Kulit, Karet dan Plastik ke-3 adalah untuk mengkomunikasikan hasil litbang bidang kulit, karet dan plastik kepada para peneliti, praktisi dan pengguna. Kesempatan ini dapat digunakan sebagai forum saling tukar menukar informasi, ide kreatif dan inovatif dalam rangka pengembangan potensi para peneliti serta meningkatkan jejaring kerjasama antar institusi, lembaga litbang, perguruan tinggi dan industri, sehingga akan terjalin komunikasi ilmiah yang efektif dan efisien. Seminar dibuka secara resmi oleh Bapak Ir. Aryanto Sagala, Kepala Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri, Kementerian Perindustrian RI, dilanjutkan dengan sambutan selamat datang oleh Kepala Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik, Bapak Ramelan Subagyo, M.Eng.Sc.

Acara presentasi oleh keynote speaker, disampaikan oleh narasumber: Prof. Dr. Ono Suparno, S.T.P., M.T. (IPB), Ir. Alva Edy Tontowi M.Sc., Ph.D. (UGM), dan Prof. Samin Prihatin (Pusat Sains dan Teknologi Akselerator, Batan).

Sebagai rangkaian dari acara seminar, juga diadakan pameran hasil litbang BBKKP serta poster hasil litbang dari peneliti di dalam dan di luar BBKKP. Dalam pameran tersebut, peserta dapat menyaksikan serta mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk-produk yang merupakan hasil riset peneliti dan perekayasaan BBKKP. Acara seminar masih dilanjutkan dengan presentasi hasil litbang sebanyak 3 sesi, dan juga sesi diskusi.

Seminar ditutup dengan pembacaan resume oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik, Ir. V. Sri Pertiwi Rumiyati, MP. Makalah yang telah disampaikan dalam acara seminar, baik dalam presentasi lisan maupun presentasi poster akan dimuat dalam prosiding seminar.

Sumber: http://www.bbkkp.go.id/konten.php?konten=berita&idn=99

Comments are closed.

Calendar
November 2014
S M T W T F S
« Aug   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Visitor Statistics