Seminar dan Lokakarya Kewirausahaan Bidang Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Seminar dan Lokakarya Kewirausahaan Bidang Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, 19 dan 20 Desember 2015 di Auditorium Kantor Pusat, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Semiloka yang bertema “Menggiatkan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing dan Kualitas Lulusan” tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMP, Ir. Aman Suyadi, M.P.

Semiloka tersebut bertujuan untuk (1) membentuk paradigma kewirausahaan kepada mahasiswa, khususnya kewirausahaan pertanian, (2) menghimpun ide-ide mahasiswa mengenai kewirausahaan di bidang pertanian, (3) meningkatkan wawasan dan pengetahuan akan keilmuan mahasiswa tentang kewirausahan bidang pertanian, (4) meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang kewirausahan di lingkungan kampus, (5) mempererat hubungan komunikasi antarmahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Se Jawa Tengah dan DIY. Selain itu, semiloka tersebut dilakukan untuk mempersiapkan diri menjadi entrepreneur pertanian.

Acara semiloka tersebut diikuti oleh 110 peserta dari beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Perwakilan-perwakilan mahasiswa yang hadir adalah dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Mercu Buana Yogyakarya (UMBY), dan Universitas Muhadi Setiabudi (UNMUS) Brebes.

Pada seminar tersebut, Prof. Dr. Ono Suparno dari RAMP-IPB menyampaikan makalah berjudul “Pengembangan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi”. Materi yang disampaikan diantaranya adalah jumlah pengusaha di Indonesia perlu ditingkatkan dan kewirausahaan di bidang pertanian di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan mengingat sumberdaya alam hayati Indonesia sangat kaya dan pertanian merupakan sektor yang menyediakan kebutuhan pokok manusia. Disampaikan juga mengenai konsep technopreneurship, inovasi, kendala dan solusi wirausahan di biang pertanian, bagaimnana mendirikan perusahaan startup, business model canvas, dan customer development. Selain itu, didiskusikan juga program-program technopreneurship yang diselenggarakan oleh RAMP-IPB, yakni technopreneurship training (Pelatihan Technopreneurship untuk Dosen/Mentor dan Ideation Program), Prototyping, Mentoring, Curriculum Development, dan Research, serta tahapan keikutsertaan pada Technopreneruship Training bagi perguruan tinggi.

Tahapan keikutsertaan Technopreneruship Training bagi perguruan tinggi adalah Pelatihan untuk Dosen (sebagai mentor) dengan mengirimkan surat pernyataan minat dari dosen calon mentor lokal dan mengikuti Pelatihan Technopreneurship untuk Dosen/Mentor Lokal. Mahasiswa yang dosennya telah mendapatkan pelatihan tersebut dapat mengikuti Ideation Program dengan cara melakukan registrasi, mempelajari materi pelatihan, mengerjakan penugasan, mengunggah projek, dan merespon komentar dari mentor. Pada bagian akhir program para peserta akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan dan peserta yang idenya potensial menjadi suatu bisnis yang nyata akan diikutsertakan dalam idea pitching dan yang terbaik akan mendapatkan award.

 

Comments are closed.

Calendar
March 2016
S M T W T F S
« Sep   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Visitor Statistics