Finalis Pemilihan Peneliti Muda Indonesia 2006

 

KORAN TEMPO, 23 November 2006

JAKARTA

– Sebanyak 15 peneliti muda terpilih sebagai finalis Pemilihan Peneliti Muda Indonesia XIII Tahun 2006. Para finalis ini telah disaring dari 73 karya tulis yang diterima panitia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Para peneliti dari lima bidang ilmu ini harus mempresentasikan karya tulisnya pada 28 November mendatang untuk memperebutkan juara pertama sebagai peneliti terbaik. Para finalis dari bidang ilmu pengetahuan sosial adalah Ali Akbar, dosen Program Studi Arkeologi Universitas Indonesia; Taufik S., dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah, Surakarta; dan Suwignyo Rahman, peneliti Kajian Strategis Demokrasi dan Sosial.

Finalis dari bidang ilmu pengetahuan teknik dan rekayasa adalah Ono Suparno, dosen Institut Pertanian Bogor; Yudi Darma, dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung; serta Mohammad Sholihul Hadi, dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Di bidang ekonomi dan manajemen, finalisnya adalah Lena Ellitan, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mandala; Joko Waluyo, dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional; dan Sylvia Veronica Narulita Purnama Siregar, dosen magister akuntansi Universitas Indonesia.

Tiga finalis bidang ilmu pengetahuan alam dan lingkungan adalah Hagi Yulia Sugeha, peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI; Sutopo Hadi, dosen kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung; serta Etik Mardiyati, peneliti Pusat Teknologi Farmasi dan Medika Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Sedangkan finalis di bidang ilmu pengetahuan kedokteran dan kesehatan adalah Muhammad Ali, dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram; Budi Hidayat, dosen Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, serta Susi Endrini, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi.

Kegiatan yang diselenggarakan sejak 1990 ini diharapkan dapat mengembangkan budaya meneliti bagi generasi muda dan meningkatkan apresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta mewadahi keingintahuan peneliti muda. Kegiatan ini juga mengisi program Tahun Indonesia untuk Ilmu Pengetahuan 2005-2006 yang dicanangkan Presiden pada 27 Oktober 2005. LIPI

Sumber: http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2006/11/23/Ilmu_dan_Teknologi/krn.20061123.87535.id.html

 

***