IPB: “Technopreneurship” Solusi Atasi Pengangguran

Oleh: Cahyo – Rubrik Digital Economy
26 April 2014 16:00:00 WIB

WE Online, Bandar Lampung – Technopreneurship merupakan salah satu strategi baru untuk menyiasati masalah pengangguran di kalangan kaum intelektual. Pengajar di Institut Pertanian Bogor (IPB) Ono Suparno memukakan hal itu dalam seminar tentang Technopreneurship yang digelar Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himama) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, di Bandarlampung, Jumat (25/4/2014).

Suparno menyatakan bahwa dengan menjadi seorang usahawan terdidik maka generasi muda, khususnya mahasiswa, akan berperan sebagai salah satu motor penggerak perekonomian lewat penciptaan lapangan kerja baru.

“Saat ini pengangguran tak lagi identik dengan masyarakat tak berpendidikan (karena) jutaan sarjana masih menganggur. Tentunya ini menjadi permasalahan yang harus ditemukan solusinya. Pada era perkembangan teknologi saat ini seharusnya bisa mendorong kita untuk menciptakan inovasi dan penemuan baru yang memiliki nilai ekonomis,” katanya.

Dosen di Fakultas Teknik Pertanian IPB ini menjelaskan pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi bisa berdampak positif untuk masyarakat banyak. Oleh karena itu, solusi teknologi dan pengembangan usaha sangat diperlukan untuk menjawab persoalan masyarakat miskin dan pengangguran di Indonesia yang jumlahnya masih tinggi.

“Teknologi merupakan aspek kebutuhan manusia yang terus berkembang. Pemanfaatan teknologi mutakhir tepat guna pengembangan usaha yang berdasarkan pada jiwa entrepreneur yang mapan akan dapat mengoptimalkan proses sekaligus hasil dari unit usaha yang dikembangkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Pemasaran IBI Darmajaya Muprihan Thaib mewakili Wakil Rektor III Novita Sari berharap seminar technopreneurship ini bisa memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai kolaborasi teknologi dan entrepreneur.

Lebih dari itu, Thaib berharap mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang technopreneurship dalam kehidupan nyata karena dengan menjadi seorang usahawan terdidik maka mahasiswa akan berperan sebagai salah satu motor penggerak perekonomian melalui penciptaan lapangan kerja baru.
(Ant)

Sumber: http://wartaekonomi.co.id/berita28346/ipb-technopreneurship-solusi-atasi-pengangguran.html

***